5 Kunci Utama Desain Kemasan yang Dapat Menarik Banyak Pembeli!

kemasan dus makanan

Perihal desain memang memgang pengaruh yang cukup penting dalam suatu usaha untuk menarik minat konsumen agar dapat meningkatkan penjualan produk. Pembidikan target pasar secara tepat harus dilakukan dengan disertai faktor tujuan dari produk tersebut diciptakan. Sehingga, dalam artikel kali ini akan dibahas secara singkat mengenai kunci utama dalam pembuatan desain kemasan. Yuk, simak selengkapnya sekarang juga!

5 Kunci Utama dalam Hal Desain Kemasan Produk

box makanan

Sumber : images-platform.99static.com

Tujuan utama dari desain kemasan yang unik adalah agar meninggalkan kesan yang mendalam bagi konsumen dalam memenangkan persaingan pasar yang sengit. Berikut ini beragam kunci utama yang menjadi tips penting dalam merancang pembuatan desain kemasan produk yang akan kamu jual.

1. Membuat Desain Kemasan yang Praktis dan Bersifat Otentik

Tahap pertama adalah membuat desain kemasan yang praktis, maksudnya untuk rancangan bentuk dan ukuran dari kemasannya harus disesuaikan dengan fungsi kemasan secara pokok. Sehingga, kemasan dapat dengan mudah dibawa kemanapun oleh konsumen. Sedangkan untuk nilai otentik kemasan, desain kemasan harus dibuat sesederhana mungkin namun tetap unik dan memberikan kesan otentik atau orisinil yang berbeda dengan produk kemasan lain.

2. Memperhatikan Efek Etalase serta Berasal dari Pengembangan Produk yang Sudah Ada

Efek etalase pada kemasan memiliki tujuan supaya ketika produk dijual nanti pada rak dan disusun secara rapi, produk akan dengan mudah dapat terlihat oleh konsumen. Sehingga, sangat memudahkan konsumen sebagai pembeli untuk mencari produk yang akan dibelinya. Desain kemasan untuk produk baru juga dapat berasal dari pengembangan produk yang sudah ada, sehingga memiliki korelasi desain yang sangat kuat dengan produk sebelumnya.

3. Buatlah Desain Kemasan yang Jujur dengan Warna yang Menarik

Desain kemasan jujur, artinya hanya mencantumkan hal yang berkaitan dengan produk berdasarkan kualitas yang dimiliki tanpa perlu untuk melebih-lebihkan rancangan desain kemasan yang membuat seolah-olah ramai namun tidak menyinggung inti dari kegunaan produk tersebut sama sekali. Tak kalah penting, pemilihan warna yang berpengaruh terhadap psikologi warna konsumen juga harus diperhatikan dalam pembuatan desain kemasan.

4. Kemasan Atraktif dengan Gambar dan Font Menarik

Kemasan dibuat dengan mempertimbangkan prinsip atraktif yang melibatkan penggunaan gambar dan font menarik supaya konsumen dapat lebih mudah mengingat bagian kemasan yang memiliki makna spesial secara keseluruhan.

5. Memiliki Karakter Kemasan yang Singkat, Jelas, dan Transparan

Secara umum, konsumen akan memilih produk yang dibeli dalam waktu singkat. Sehingga, untuk membuat konsumen menjadi tertarik dan membeli produk yang kamu jual, pastikan desain kemasan memuat nama dan kandungan produk dengan singkat dan jelas. Kemasan produk yang transparan dapat lebih meyakinkan konsumen, karena isi produk langsung bisa terlihat. Terakhir, perlu dicantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang berwenang pada kemasan sehingga produk lebih terpercaya dan terjamin kesehatannya.

Baca juga : 5 Contoh Jenis Kemasan Take Away untuk Produk Kuliner!

Beberapa Faktor yang Dapat Menjadi Pertimbangan Penting dalam Desain Kemasan Produk

kemasan box makanan

Sumber : cdn.dribbble.com

Faktor-faktor yang berperan penting dalam segi tampilan kemasan secara visual agar dapat lebih show up di pasaran, antara lain :

1. Pengamanan

Fungsi proteksi kemasan yang bertujuan untuk perlindungan produk secara optimal, sehingga tidak terjadi kerusakan pada produk yang ada di dalam kemasan tersebut.

2. Pendistribusian

Kegiatan penyaluran atau distribusi produk harus berjalan dengan lancar, mulai dari pihak distributor, pengecer, dan tangan konsumen secara langsung.

3. Ekonomi

Keefektifan biaya produksi atau dengan kata lain biaya yang dikeluarkan harus sesuai dengan proporsinya. Sebagai contoh dalam proses pemilihan barang produksi termasuk bahan kemasan.

4. Komunikasi

Untuk media komunikasi, kemasan diusahakan mampu menjadi gambaran sebagai cerminan produk yang dijual. Sehingga, konsumen akan dengan lebih mudah mengingatnya.

5. Ergonomi

Kepraktisan kemasan yang dapat dengan mudah dipegang, diambil, dan dibawa kemana-mana.

6. Estetika

Untuk mendapatkan daya tarik visual kemasan secara maksimal dari konsumen.

7. Promosi

Sebagai media promosi, kemasan produk berperan sebgai silent sales person.

8. Lingkungan

Caranya adalah dengan lebih menggunakan kemasan yang ramah terhadap lingkungan serta dapat didaur ulang.

9. Identitas

Identitas pada kemasan berfungsi sebagai tanda pengenal untuk membedakan ciri khas produk yang dijual dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan kunci desain dalam kemasan produk yang dapat menjadi tips bermanfaat bagi kamu. Desain yang kekinian lebih terkesan sederhana namun dapat dengan besar menarik minat konsumen untuk penasaran dengan produk yang dijual. Ulasan lain yang berisi informasi penting seputar kemasan juga dapat kamu akses dengan mudah melalui laman web pusatkemasan.id!

Semoga informasi yang diberikan dalam penjabaran singkat di atas dapat bermanfaat bagi kamu! Dan jika kamu mencari kebutuhan kemasan lainnya, jangan ragu untuk mempercayakan kepada kami sebagai ahlinya! Dapatkan penawaran terbaik mengenai packaging makanan kekinian dari pusatkemasan.id!

Bagikan: