Apa Saja Keunggulan dan Manfaat dari Kemasan Paper Bowl?

kemasan makanan paper bowl

Pasti kamu pernah membeli makanan secara online maupun offline yang kemasannya berbentuk mangkok yang terbuat dari kertas. Para pengusaha kuliner seringkali menggunakan jenis kemasan tersebut karena alasan keunggulan serta manfaat maksimal yang diperoleh dari kemasan ini. Nah, daripada semakin membuat kamu bertambah penasaran, mari langsung simak ulasan singkatnya dalam artikel berikut!

Keunggulan yang Ditawarkan oleh Jenis Kemasan Paper Bowl

packing paper bowl

Sumber : mg.freepik.com

Berikut ini adalah beberapa alasan yang biasanya diyakini oleh para pengusaha bisnis kuliner mengenai penggunaan paper bowl sebagai kemasan makanan yang efektif, meliputi :

1. Bersifat Lebih Ramah Lingkungan

Apabila dilihat dari segi asal material bahan yang digunakan oleh kemasan paper bowl, tentu kamu dapat mengatakan kemasan tersebut lebih bersifat ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis kemasan plastik. Bahan yang digunakan termasuk ke dalam golongan bahan sekali pakai yang sangat mudah untuk dilakukan daur ulang. Proses pembuatan paper bowl juga secara khusus diambil dari bahan alam sebagai contoh pohon yang tidak memiliki kandungan zat beracun.

2. Dapat Mengurangi Jumlah Sampah

Karena sifatnya yang mampu dengan mudah diuraikan oleh tanah secara alami inilah, yang membuat perusahaan banyak memilih opsi untuk menggunakan paper bowl. Sejatinya, hal tersebut juga didorong oleh isu pencemaran lingkungan secara global yang mayoritas disebabkan oleh kehadiran dari sampah kemasan plastik. Pemanfaatan kemasan biodegradable lahir menjadi alternatif yang sudah mulai diterapkan, sebab dapat memberikan sisi positif yaitu menurunkan volume sampah yang dihasilkan.

3. Pastinya Lebih Aman dan Praktis

Kemasan paper bowl bersifat jauh lebih aman dibanding dengan plastik saat digunakan sebagai kemasan untuk makanan maupun minuman. Hal tersebut karena tidak adanya efek samping berbahaya yang ditimbulkan bagi manusia akibat konsumsi makanan yang menggunakan kemasan paper bowl dalam keadaan panas atau dingin.

Di samping itu, bobot kemasan juga ringan karena terbuat dari kertas sehingga sangat ideal digunakan sebagai kemasan takeaway yang tahan terhadap panas dan anti-pecah. Sifatnya praktis, sebab dapat dengan mudah dibawa kemana-mana serta dapat langsung dimasukkan ke tong sampah setelah pemakaian. Kelestarian lingkungan tetap dapat terjaga dengan penggunaan kemasan paper bowl ini.

4. Banyak Variasi Model, Harga dan Ukurannya

Ketersediaan kemasan ini juga secara luas dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai ukuran, bentuk, dan model. Pengusaha dapat memilih jenis kemasan seperti apa yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing. Variasi dari harga yang ditawarkan di pasaran juga beragam, mayoritas lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kemasan lainnya. Sehingga, sangatlah sesuai bagi pengusaha pemula yang baru belajar untuk menjajaki di dalam dunia bisnis kuliner.

5. Sebagai Media untuk Mempromosikan Brand

Keunggulan lainnya adalah mampu berperan sebagai media promosi untuk membangun branding awareness dari suatu produk makanan yang dijual. Faktor penyesuaian desain dari kemasan serta tercantumnya logo dari suatu brand makanan dapat menjadi salah satu strategi bisnis pemasaran yang kuat untuk menarik konsumen agar membeli makanan tersebut.

Baca juga : Rahasia Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan untuk Mendobrak Penjualan!

Manfaat Penting dari Penggunaan Kemasan Paper Bowl

paper bowl packaging

Sumber : ae01.alicdn.com

Selain keunggulan, ternyata juga ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan jenis kemasan paper bowl, yaitu :

  1. Dapat dimanfaatkan sebagai pengemas berbagai jenis makanan, mulai dari makanan dalam kondisi yang kering sampai yang basah atau berkuah. Pembeli juga dapat membawa makanannya kemana-mana tanpa perlu khawatir merasa kepanasan.
  2. Bersifat sekali pakai, yang artinya kamu tidak perlu mencuci kemasan tersebut setelah digunakan. Sehingga sangat lebih praktis apabila dipakai sebagai kemasan jualan makanan di restoran.
  3. Para pengusaha kuliner biasanya akan menyablon paper bowl dengan konsep desain yang unik sebagai pembeda dari produk saingan lain yang mungkin juga menjual produk menu makanan yang sama. Supaya dalam alam bawah sadar, konsumen diharapkan dapat mengingat karakteristik brand yang sengaja dibangun secara publik.

Begitulah penyajian informasi seputar keunggulan serta manfaat dari kemasan paper bowl. Sebenarnya masih banyak juga informasi penting lainnya yang telah kami rangkum dalam banyak artikel yang dapat kamu temukan dalam website pusatkemasan.id. Jadi, jangan lupa untuk cek laman kami secara berkala ya!

Bukan hanya itu, jika kamu membutuhkan kemasan paper bowl, kami juga dapat membantu kamu melalui konsultasi dengan cara hubungi kami melalui kontak yang tersedia di website. Dijamin harga kemasan makanan kami bersaing dan dapat menjadi opsi bagi kamu dalam mengembangkan usaha kuliner yang kamu geluti saat ini!

Bagikan: