Begini Cara Memilih Jenis Kemasan Terbaik untuk Produk Makanan!

plastik kemasan produk pangan

Selain digunakan untuk fungsi proteksi, kemasan juga digunakan sebagai branding promotion dari suatu produk makanan yang ditawarkan. Beberapa faktor penting seperti aspek kesehatan, komunikasi, serta estetika juga dapat menjadi pertimbangan dalam proses pemilihan kemasan makanan yang terbaik. Nah, daripada kamu semakin bingung dan penasaran alangkah baiknya sekarang kamu ikuti langsung beragam infonya dalam artikel berikut ini!

Beragam Jenis Kemasan Makanan

jenis kemasan makanan

Sumber : www.shutterstock.com

Di bawah ini ada beberapa referensi jenis kemasan makanan yang dapat digunakan sebagai pelindung supaya makanan tetap awet dan memiliki umur simpan yang lama. Kemasan yang menarik, higienis, dan praktis juga menjadi hal penting sebagai pertimbangan para konsumen dalam membeli makanan. Yuk, simak bersama penjelasan lengkapnya mengenai jenis kemasan makanan dalam ulasan berikut!

1. Paper Bowl

Paper bowl menjadi pilihan kemasan yang menarik dan praktis karena memiliki bentuk yang menyerupai mangkuk serta mudah dan aman untuk digunakan. Kemasan ramah lingkungan yang terbuat dari kertas ini juga memiliki harga yang terjangkau.

2. Snack Box

Pada dasarnya, kemasan snack box terbuat dari bahan sejenis kertas berkualitas yang difungsikan untuk melindungi makanan ringan yang kering. Jangan khawatir, harga kemasan makanan satu ini juga masih tergolong murah ya!

3. Rice Box

Rice box merupakan kemasan dengan tutup yang menyatu sehingga dinilai lebih higienis karena makanan yang ada di dalamnya tetap dapat terjaga kebersihannya dari kuman, bakteri, atau debu. Tetapi, kelemahan dari jenis kemasan tersebut adalah sulit untuk menahan cairan terutama ketika dalam suhu yang tinggi.

4. Paper Box

Kemasan makanan yang berbahan kertas tebal dan mampu untuk menahan cairan dari makanan yang berkuah sekalipun. Jenis makanan goreng-gorengan juga sangat cocok menggunakan kemasan paper box ini karena sebenarnya bahannya sudah dilaminasi dengan penahan minyak.

5. Lunch Box Bento

Ada banyak ukuran yang tersedia dari kemasan lunch box bento. Jadi, kamu dapat dengan mudah untuk memisahkan beberapa komponen dalam makanan seperti nasi, daging ayam, sambal, buah, serta tumis sayur di dalam satu kemasan lunch box bento. Inilah yang menjadi alasan betapa praktis dan efektifnya kemasan tersebut.

Baca juga : Cari Tahu Jenis dan Keunggulan Dus Makanan untuk Pengembangan Bisnis Kuliner!

Tips Penting untuk Memilih Kemasan Makanan

kotak box kue

Sumber : media.istockphoto.com

Berikut beberapa tips penting yang menjadi poin utama sebagai pertimbangan kamu dalam menjalankan proses pemilihan bahan kemasan untuk bisnis produk makanan.

1. Pastikan untuk Memilih Jenis Kemasan yang Tepat

Peruntukan jenis kemasan ada berbagai macam, mulai dari contoh snack seperti keripik yang menggunakan bahan plastik kemasan yang berisi udara agar keripik tetap dalam kondisi maksimal yakni tidak rusak dan terjaga kerenyahannya. Berbeda dengan kue, terutama cake yang lebih sering dikemas dengan menggunakan kotak berbahan karton dengan tujuan supaya dapat terlindungi serta tetap tampak serasi.

2. Penggunaan Fitur Kemasan

Berkaitan dengan fitur kemasan, setiap makanan membutuhkan perlakukan yang berbeda-beda untuk tetap menjaga kondisi makanan tersebut agar tetap optimal. Sehingga, sangat perlu untuk mengetahui sifat dan ciri makanan supaya mempermudah urusan penggunaan kemasan yang cocok. Misalnya, untuk makanan yang beku diperlukan kemasan produk yang berjenis vacum yang tidak mengandung udara di dalamnya karena dapat menyebabkan makanan menjadi tidak tahan lama alias cepat busuk.

3. Pemilihan Bahan Material Kemasan

Terdapat banyak macam material kemasan yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan makanan. Dalam hal tersebut, ada dua segi penting yang perlu untuk diperhatikan yaitu daya tahan dan kemampuan proteksinya. Seperti halnya, ketika kamu akan menjual produk makanan berupa kripik pedas yang memerlukan kemasan bersifat kedap air dan udara agar kripik tidak melempem. Di samping itu, budget atau harga kemasan produk juga menjadi hal signifikan yang tetap perlu kamu perhatikan dalam memilih bahan kemasan.

4. Sifat Kemasan yang Kedap terhadap Udara dan Air

Kehadiran elemen udara dan air dapat menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya kerusakaan pada makanan. Debu serta bakteri yang terkandung dalam udara mampu menurunkan kualitas makanan. Bukan hanya dapat menjadikan makanan cepat basi, tetapi juga dapat memicu timbulnya masalah kesehatan. Sama halnya dengan udara, air juga dapat membuat kondisi makanan menjadi tidak layak konsumsi. Khususnya pada makanan kering yang mayoritas memiliki tekstur renyah.

5. Hindari Pemakaian Bahan Kemasan dari Styrofoam dan Logam

Styrofoam dan logam merupakan bahan kemasan makanan yang perlu dihindari karena dapat membahayakan kesehatan tubuh. Walaupun memang styrofoam sangat ekonomis, tetapi mampu memicu penyakit yang serius jika digunakan sebagai kemasan makanan terlebih lagi ketika makanan dalam kondisi panas. Sedangkan untuk logam, sebagai bahan kemasan makanan yang mudah berkarat dan mengelupas secara otomatis sangat beresiko tinggi bagi kesehatan konsumennya.

Semua penjelasan mengenai cara memilih jenis kemasan terbaik untuk produk makanan sudah diulas dalam artikel di atas. Sekarang kamu pasti sudah memahami betapa pentingnya proses pemilihan kemasan pada makanan yang akan kamu jual. Untuk mendapatkan banyak informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk kunjungi situs pusatkemasan.id ya!

Apabila kamu mencari produk kemasan makanan dengan harga yang bersahabat, kamu dapat mempercayakan perihal tersebut ke pusatkemasan.id. Kami dapat membantu kamu untuk menemukan jenis kemasan yang cocok dengan karakteristik produk makanan kamu!

Bagikan: