Biofoam, Kemasan Ramah Lingkungan Pengganti Styrofoam!

styrofom box

Hadir sebagai inovasi atau konsep pembaharuan yang berperan dalam mensubtitusi kemasan styrofoam yang tidak ramah terhadap lingkungan. Biofoam merupakan kemasan alternatif baru yang terbuat dari bahan baku alami yaitu serat tumbuhan. Memiliki sifat umum biodegradable sekaligus renewable yang dinilai aman untuk digunakan sebagai kemasan berbagai jenis produk. Yuk, cari tahu bersama lebih dalam informasi mengenai biofoam dalam ulasan artikel di bawah ini!

Deretan Kelemahan Jenis Kemasan Styrofoam

kemasan styrofoam

Sumber : img.freepik.com

Kemasan styrofoam yang ringan, sering dijumpai sebagai kemasan hanya sekali pakai untuk produk makanan siap saji seperti cup mie instan. Harganya juga tergolong sangatlah terjangkau, sehingga banyak pengusaha yang memanfaatkan styrofoam sebagai kemasan produk bisnisnya. Terbuat dari bahan baku polisterin yang kaku serta tembus cahaya. Meski begitu, dalam penggunaannya tetaplah memunculkan kekhawatiran bagi berbagai kalangan. Berikut deretan kelemahan dari kemasan styrofoam :

1. Berbahaya bagi Kesehatan Tubuh

Dianggap berbahaya bagi kesehatan tubuh karena seperti yang telah diketahui sebelumnya bahan pembuat styrofoam terdiri dari zat toksik atau beracun. Jenis zat plasticizer yang digunakan pada pembuatan kemasan ini adalah dioctyl phtalate (DOP) yang di dalamnya terkandung suatu senyawa benzena yang sangat sulit dicerna oleh tubuh, sehingga tidak dapat dikeluarkan baik dalam bentuk urin maupun feses.

Sehingga, sialnya jika semakin lama terus menumpuk dan terselubungi dengan lemak dapat memicu pertumbuhan sel kanker yang termasuk ke dalam penyakit kronis. Pada tingkat rendah, zat stirena dapat menyebabkan iritasi terhadap beberapa organ tubuh manusia, seperti mata, kulit, bahkan saluran pernapasan. Secara akut juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, sedangkan untuk secara kronisnya dapat mempengaruhi cara kerja sistem saraf dan penyakit kanker.

2. Polutan yang Mencemari Ekosistem Laut

Styrofoam dapat menjadi polutan atau zat pencemar yang dapat merusak lingkungan karena sulit terdegradasi atau diuraikan secara alami. Bahkan ada yang menganggap perlu sekitar 400-500 tahun untuk proses penguraiannya. Jumlahnya yang banyak dan menumpuk, kadang sampai terbawa arus laut yang pada akhirnya mengganggu keharmonisan ekosistem laut.

3. Bersifat Tidak Kokoh

Walaupun memang memiliki sifat yang kaku, tetapi jika kemasan tersebut terkena suatu benturan yang seringkali terjadi ketika dalam proses pengiriman produk tentu tetap dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Sehingga, sangat diperlukan sikap kehati-hatian saat menggunakan styrofoam sebagai kemasan produk kamu.

Baca juga : Berbagai Jenis Pilihan Kemasan untuk Produk Minuman Kekinian Supaya Laris Manis!

Biofoam sebagai Alternatif Styrofoam yang Ramah Lingkungan

kemasan alternatif biofoam

Sumber : blue.kumparan.com

Terbuat dari bahan baku yang alami yaitu pati atau polylactic acid (PLA) dengan suatu tambahan serat untuk memperkuat struktur kemasannya. Bersifat mudah terurai atau terdegradasi dengan sendirinya secara alami karena berasal dari limbah tumbuhan sekaligus sebagai sumber daya alam terbarukan atau renewable resources. Dalam proses pembuatannya, sama sekali tidak melibatkan bahan kimia berbahaya seperti zat benzena dan stirena yang sudah dikenal secara luas memiliki sifat karsinogenik.

Secara umum dalam pembuatannya memanfaatkan teknologi sederhana yaitu kemampuan pati untuk mengembang akibat adanya proses pemberian panas dan tekanan yang kemudian dicetak dalam berbagai bentuk dan ukuran. Penggunaan biofoam merupakan langkah awal yang sangat baik bagi Indonesia karena dapat menghemat pemanfaatan minyak bumi sebagai bahan baku dalam pembuatan stirena atau kemasan styrofoam.

Demikianlah informasi lengkap mengenai kemasan alternatif biofoam sebagai kemasan inovasi yang ramah lingkungan. Mulai sekarang, mari mencoba untuk beralih ke penggunaan kemasan yang lebih eco-friendly demi kelestarian lingkungan alam secara berkelanjutan! Kamu juga bisa memperoleh informasi seputar kemasan yang unik dan menarik lainnya pada laman website pusatkemasan.id!

Bukan hanya itu, kamu juga dapat memperoleh banyak referensi keren yang real untuk contoh gambaran jenis kemasan yang dipergunakan sebagai penunjang kegiatan produksi bisnis yang sedang kamu jalani saat ini dengan prinsip kemasan yang kekinian! Pastikan untuk selalu mempercayakan kebutuhan kemasan kamu kepada pusatkemasan.id sebagai ahlinya! Yuk, tingkatkan kualitas dari bisnis yang kamu rintis dengan mulai untuk memperhatikan pemilihan kemasan yang baik bagi produk supaya kemajuan usaha dapat melesat secepat kilat

Bagikan: