Kemasan Kopi Kekinian, Siap Banjir Orderan!

kemasan kopi standing pouch

Hampir semua kalangan mulai dari yang muda bahkan sampai yang tua menjadi penggemar produk minuman satu ini. Kopi, minuman populer yang terbuat dari proses pengolahan biji kopi yang saat ini berhasil dikemas dengan konsep baru yang lebih kekinian untuk menarik minat konsumen. Pengemasan menjadi hal yang sangat penting untuk dapat memberikan kesan brand yang kuat. Daripada semakin penasaran, mari pelajari lebih lengkapnya dalam artikel ini!

Jenis Kemasan Kopi Kekinian yang Menarik

kemasan kopi

Sumber : cdn.shopify.com

Berikut beberapa jenis kemasan kopi kekinian yang dapat menjadi rekomendasi menarik untuk meningkatkan produktivitas penjualan bisnis kamu :

1. Kemasan Sachet

Variasi kemasan sachet atau renceng biasanya digunakan oleh pengusaha kopi pabrikan dengan jumlah produksi yang sudah mencapai ribuan kemasan. Terbuat dari bahan alufoil yang mempunyai ketahanan kedap udara yang bagus serta tahan terhadap paparan sinar matahari untuk dapat menjaga kualitas kopi bubuk yang ada di dalamnya supaya tidak terjadi oksidasi. Memiliki dua model yakni model pertama adalah seal 3 pada bagian tengah dan seal 3 pada bagian samping. Ukurannya bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan pengemasan.

2. Kemasan Stand Pouch

Berdasarkan bahan pembuatannya, stand pouch dibedakan menjadi stand pouch plastik, alufoil, metallize, hingga kertas. Memiliki keunggulan, dapat mengusung berbagai jenis desain yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga serta ukuran yang bervariasi.

3. Kemasan Flat Bottom

Secara tampilan pada bagian luar, terlihat berwarna cokelat mirip dengan kertas semen sehingga memberikan kesan yang klasik. Sedangkan pada bagian dalamnya berupa alufoil yang mengkilap dan menampilkan kesan yang bersih. Merupakan kombinasi dari jenis kemasan standing pouch  dengan gusset pouch.

4. Kemasan Gusset

Memiliki lapisan alufoil dan PE dengan tampilan luar yang mirip dengan kertas semen. Namun, bagian dalamnya berupa alufoil mengkilap sehingga memberikan kesan bersih. Dapat melindungi kopi supaya tidak cepat basi atau bertekstur lembek. Beberapa tempat menyebut kemasan ini sebagai kemasan bantal karena bentuknya.

5. Kemasan Kaleng

Kaleng biasanya digunakan sebagai kemasan produk kopi yang siap minum. Jenis kemasan ini memiliki keunggulan dapat menyimpan suhu dingin maupun suhu panas yang lebih lama jika dibandingkan dengan kemasan plastik maupun kertas.

Baca juga : Mana Kemasan yang Lebih Baik, Plastik atau Kertas?

Teknik Mencetak Kemasan Kopi

kemasan kopi

Sumber : mockuptree.com

Dalam proses percetakan suatu kemasan termasuk untuk kemasan kopi, terdapat tiga metode yang dilakukan agar suatu usaha branding dapat berhasil secara maksimal, yang terdiri dari :

1. Printing

Suatu metode yang memanfaatkan teknologi printer yang dilakukan pada lembaran kemasan ataupun secara langsung pada produk kemasan siap pakai. Kamu dapat memakai alat printer biasa dengan treatment khusus maupun alat printer yang dibuat untuk mencetak langsung pada kemasan. Metode ini dapat mencetak kemasan dalam jumlah yang banyak tetapi dengan waktu yang singkat jika dibandingkan dengan metode sablon. Hasil perpaduan warna akan hadir sesuai dengan kebutuhan ditambah harganya yang relatif lebih ekonomis.

2. Sablon

Fungsinya adalah memberikan informasi serta kesan eksklusif dengan dukungan karakter brand yang diusung. Produk kopi yang kamu jual akan terlihat lebih menarik sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi para konsumen. Secara alat yang digunakan memang strukturnya hampir mirip dengan alat sablon pada kaos tetapi ada beberapa pembeda yang dimulai dari tinta serta permukaan sablon yang kebanyakan sudah didesain khusus untuk bahan plastik tertentu seperti gelas plastik maupun botol plastik.

3. Stiker

Jenis metode yang sangat sederhana karena kamu hanya perlu mencetak stiker sesuai dengan kebutuhan dan selanjutnya tinggal ditempelkan pada permukaan kemasan produk kopinya. Stiker dapat berisi logo, informasi penting, atau tagline. Ragam jenis stiker secara general, ada yang matte, transparan, blok, bahkan efek timbul.

Itulah ulasan mengenao rekomendasi kemasan kopi kekinian yang disertai dengan penjelasan teknik percetakan kemasannya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya yang masih berhubungan dengan inspirasi kemasan yang membuka wawasan dengan mengaksesnya pada website andalan pusatkemasan.id!

Jika ada pertanyaan yang lebih spesifik dan mendetail terkait dengan berbagai jenis kemasan maupun harga cetak kemasan, kamu dapat menghubungi kami melalui kontak yang telah tersedia di web pusatkemasan.id! Sekali lagi, terima kasih sudah menyimak penjelasan secara rinci artikel ini dan semoga bermanfaat ya!

Bagikan: