Kenalan Lebih Dekat dengan Papel Wrap, Alternatif Bubble Wrap!

papel wrap

Melihat kasus penumpukan sampah plastik yang semakin hari semakin memprihatinkan, membuat akhirnya tercipta satu solusi menarik dengan hadirnya papel wrap sebagai kemasan yang ramah lingkungan. Produk yang dikirim tetap dapat terjamin keamanannya tanpa perlu khawatir terjadinya kerusakan pada ekosistem darat dan laut khususnya. Berikut ini pembahasan singkat mengenai papel wrap supaya kamu dapat lebih mengetahui ciri kemasan tersebut.

Pengemasan dengan Papel Wrap

packing papel wrap

Sumber : p.globalsources.com

Jenis pelindung produk yang bersifat ramah terhadap lingkungan karena terbuat dari 90% virgin pulp yang merupakan material daur ulang dengan bentuk pola hexagon yang mampu menahan benturan produk dengan baik. Dalam proses degradasinya, papel wrap tersebut hanya memerlukan waktu sekitar 2 bulan. Sementara untuk proses produksinya memang lebih hemat energi serta tidak menggunakan pewarna atau bahkan pemutih tambahan lainnya. Jenis kertas ini aman untuk dikompos secara bersamaan dengan bahan organik yang lain.

Ketika memakai bubble wrap, secara umum kamu akan membelinya dalam ukuran yang besar dengan bentuk lembaran yang digulung. Tentu saja, hal tersebut sangat berbeda dengan papel wrap yang tersedia dalam berbagai ukuran. Berdasarkan fungsinya, papel wrap dapat digunakan untuk mengemas benda yang kering seperti pakaian, buku,dan kosmetik. Karena memiliki sifat kelenturan serta ketahanan benturan yang baik, kamu jadi tidak perlu khawatir jika barang pecah belah seperti gelas dan piring dikemas dengan papel wrap.

Namun memang masih agak riskan jika digunakan untuk mengemas produk yang cair, mengingat papel wrap ini tidak anti-air. Resiko produk kemasan yang bocor dapat membuat keseluruhan paket yang dikirim akan terkena cairan dan membuatnya rusak. Sehingga, untuk mengirim produk berupa cairan masih dibutuhkan bahan plastik sebab ketahanan terhadap airnya sangat baik dan membuat pelindungan terhadap produk tersebut menjadi lebih optimal.

Baca juga : Simak Beragam Kelebihan dari Jenis Kemasan Plastik Mika untuk Produk Makanan!

Deretan Kelebihan dari Penggunaan Papel Wrap

pengemasan dengan papel wrap

Sumber : i.etsystatic.com

Pada saat ini, memang masih terbilang sedikit para pebisnis yang menggunakan papel wrap sebagai pelindung produk jualannya akibat guncangan yang ditimbulkan selama proses pengiriman berlangsung. Mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki mengenai kelebihan dari papel wrap tersebut. Sehingga, kami merangkum beberapa keunggulan yang dimiliki papel wrap dalam ulasan ringkas berikut.

1. Bersifat Kokoh dan Stabil

Tingkat kekuatan yang dimiliki oleh papel wrap memang cukup tinggi sehingga dapat menstabilkan barang dengan baik dan terhindar dari kerusakan selama proses pengiriman dan penanganan produk. Sementara bubble wrap biasanya akan lebih mudah untuk mengalami kerusakan karena sifatnya yang kurang mampu untuk menstabilkan barang.

2. Eco-Friendly

Berasal dari jenis bahan kertas yang mudah untuk didaur ulang, sehingga dapat dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi produk lainnya. Dengan demikian, kamu dapat membantu untuk menjaga kelestarian alam yang ada di bumi ini. Berbeda dengan bubble wrap yang terbuat dari material utama plastik yang sangat sukar untuk dilakukan daur ulang dan kerap dapat mencemari lingkungan sekitar.

3. Dapat Didaur Ulang

Bahan kertas yang digunakan oleh papel wrap dapat didaur ulang kembali menjadi kertas lagi setelah digunakan. Tentu saja, ini memberikan benefit besar dalam membantu mengurangi volume limbah kemasan yang dapat meracuni lingkungan. Sedang bubble wrap merupakan kemasan yang sulit untuk didaur ulang dan seringkali dibuang begitu saja tanpa diolah setelah selesai digunakan oleh konsumen.

4. Praktis dan Mudah untuk Digunakan

Papel wrap ini termasuk ke dalam kemasan yang mudah untuk digunakan dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Sementara bubble wrap, sebelum digunakan biasanya akan dipotong terlebih dahulu dan ditempelkan dengan isolasi sebagai perekat, sehingga perlu usaha tenaga serta waktu yang lebih bagi pengemas dalam melakukan pengemasan produk.

Demikianlah informasi singkat yang kami sampaikan terkait dengan papel wrap yang banyak digunakan untuk mengemas produk. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kamu semua! Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar kemasan, silahkan kunjungi  website pusatkemasan.id!

Apabila kamu sedang mencari jenis packaging lainnya, langsung saja untuk mengunjungi katalog produk yang terdapat pada situs kami! Segala jenis kemasan, mulai dari dus box makanan bahkan hingga bungkusan makanan plastik tersedia secara lengkap dengan harga yang ekonomis.Temukan kemasan yang cocok dengan biaya produksi kamu hanya di pusatkemasan.id!

Bagikan: