Mana Kemasan yang Lebih Baik, Plastik atau Kertas?

kemasan

Dua jenis bahan kemasan yang paling sering digunakan sebagai pelindung produk adalah berasal dari plastik dan kertas. Bukan hanya berperan dalam proses pengemasan produk, tetapi memang juga secara tidak langsung dapat membantu dalam urusan krusial yakni memikat hati konsumen supaya pada akhirnya melirik dan tertarik dengan produk yang ditawarkan melalui tampilan fisik. Kualitas dari kedua kemasan tersebut banyak dipengaruhi oleh perbedaan jenis bahan dasar yang digunakan. Yuk, simak selengkapnya pembahasan mengenai perbedaannya dalam artikel di bawah ini!

Perkenalan Singkat Jenis Kemasan Plastik dan Kertas

kemasan

Sumber : thepremierpackaging.com

Lahirnya sebuah kemasan tentu saja tak lepas dari campur tangan manusia dalam menciptakan suatu inovasi untuk mendukung kemajuan teknologi. Sering dengan berjalannya waktu, kebutuhan manusia juga terus mengalami peningkatan dalam ragam variasinya. Terutama dalam permasalahan penting mengenai pemenuhan kebutuhan akan jumlah kemasan yang akan digunakan untuk melindungi makanan yang akan dikonsumsi sebagai fungsi pokok atau utama dari kemasan itu sendiri.

Terdapat dua jenis bahan dasar secara garis besar yang kemudian diolah untuk menjadi produk kemasan, yaitu plastik dan kertas. Kedua jenis bahan ini tentu saja memiliki karakter atau ciri khas masing-masing. Kemasan berbahan plastik sangat sering dijumpai dalam bentuk berupa kantong plastik, plastik bening, bubble wrap, dan masih banyak lagi.

Berbeda halnya dengan kemasan kertas yang biasanya berbentuk karton, dus, dan kantong kertas. Tampilan produk secara keseluruhan bahkan dapat menjadi lebih terlihat estetik dan unik ketika menggunakan kemasan ini, sehingga banyak pengusaha bisnis yang kemudian memilih untuk menggunakan kertas sebagai pembungkus  produk jualannya.

Baca juga : Kemasan Kopi Kekinian, Siap Banjir Orderan!

Perbedaan Kemasan Plastik dan Kemasan Kertas

kemasan

Sumber : kemasan plastik premium

Nah, pada bagian ini akan dibahas secara ringkas mengenai perbedaan yang mendasar dari kedua jenis kemasan tersebut. Ditinjau dari segala aspek yang berkaitan dengan kemasan plastik dan kertas yang diulas sebagai berikut.

1. Kemasan Berbahan Kertas

Pertama, dimulai dengan pembahasan kemasan berbahan kertas yang memiliki beberapa karakter yang dianggap dapat memberikan keuntungan besar bagi pebisnis kuliner yakni harga kemasan yang dinilai terjangkau atau bersifat ekonomis jika dibandingan dengan jenis kemasan lainnya. Selanjutnya adalah bobot atau berat bahan kertas yang masih tergolong ringan dengan penawaran tingkat ketebalan kertas yang beragam di pasaran.

Selain itu, bahan ini sangat mudah jika dilakukan penyimpanan dengan benar untuk nantinya akan diproses lebih lanjut dalam tahap daur ulang kemasan yang dapat menghasilkan beragam karya produksi hasil kerajinan dengan daya jual tinggi. Ditambah lagi dengan keunggulan yang sudah pasti kamu ketahui yaitu tingkat kualitas keramahan terhadap lingkungan yang besar, sehingg mampu memberikan harapan untuk perbaikan lingkungan di masa kini dan mendatang. Bahan kertas dapat terdegradasi atau terurai secara alami dengan sendirinya melalui bantuan dari mikroorganisme tanah secara sempurna dalam waktu yang relatif cepat dan singkat.

2. Kemasan Berbahan Plastik

Beralih bahasan ke kemasan plastik yang memiliki kelebihan luar biasa dalam urusan daya tahan sebab memang dinilai lebih kuat jika dibandingkan dengan kemasan yang lain. Kemudian, tidak mudah mengalami kebocoran atau anti-air sehingga produk akan jauh lebih aman jika dikemas dengan menggunakan kemasan berbahan plastik terutama dalam kasus krusial seperti proses pengiriman produk berupa cairan agar bisa sampai ke tangan konsumen dalam keadaan yang maksimal. Ditambah lagi dengan kemampuan limbah kemasan plastik yang dapat didaur ulang menjadi produk lain yang memiliki daya jual yang tinggi seperti tas atau dompet.

Dari kedua perbandingan perbedaan kedua kemasan di atas, baik itu adalah kemasan plastik maupun kemasan kertas, semuanya memiliki karakteristik keunggulan dalam porsi masing-masing. Kemasan ideal untuk produk disesuaikan dengan tujuan awal pembangunan bisnis, sehingga pastikan secara bijak dalam memilihnya ya! Kamu juga dapat memperoleh informasi lainnya seputar kemasan dalam laman web pusatkemasan.id.

Apabila kamu sedang mencari jenis kemasan yang cocok untuk usaha bisnis, dapat kamu temukan dengan mudah dalam katalog kemasan yang ada di pusatkemasan.id! Atau bisa langsung hubungi kontak yang tersedia di website untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait jenis packaging lainnya!

Bagikan: