Mana yang Lebih Unggul, Jenis Kemasan Paper Bowl atau Thinwall?

paper bowl

Kemasan inovatif selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan para pengusaha kuliner agar produk bisnisnya banyak dilirik oleh para konsumen. Misalnya adalah packaging makanan kekinian paper bowl dan thinwall. Jika dilihat dari fungsi kegunaannya memang sekilas keduanya hampir sama, namun manakah yang lebih unggul? Yuk, ketahui jawabannya dalam artikel yang ada di bawah ini!

Perbedaan Paper Bowl dan Thinwall

paper bowl

Sumber : img.freepik.com

Selain memiliki contoh persamaan bentuk kemasan yang menyerupai mangkuk, tentu saja kedua kemasan juga mempunyai beragam perbedaan. Nah, berikut inilah perbedaan secara umum yang dapat ditemukan dari paper bowl dan thinwall :

1. Kemasan Paper Bowl

Faktor utama yang membedakan kedua kemasan ini adalah paper bowl yang menggunakan bahan dasar kertas sebagai material utama pembuatannya. Meski begitu, kemasan ini bersifat anti-air sehingga resiko terjadinya makanan tumpah dapat diminimalisir. Tetapi, paper bowl tidak tahan terhadap benturan yang menyebabkan kemasan dapat mudah rusak karena berlekuk.

Selain itu, bahan dasar kertas yang digunakan oleh kemasan ini dinilai aman bagi lingkungan karena dapat dengan mudah terurai dengan sendirinya. Jenis kertas yang dipakai biasanya adalah ivory dan foopak yang telah teruji dan terverifikasi sebagai bahan food grade atau aman digunakan untuk makanan. Seringkali digunakan sebagai kemasan makanan berkuah dan berminyak atau beberapa minuman seperti es krim, yogurt, dan es buah.

2. Kemasan Thinwall

Daya tahan kemasan thinwall jauh lebih kuat dibandingkan dengan paper bowl, karena bahan utama pembuatannya berasal dari plastik polypropylene atau PP. Kemasan ini juga memiliki sifat yangan tahan air dan panas. Teksturnya lebih kokoh, sehingga mampu mengemas makanan kering hingga berkuah dengan mudah yang sudah dilengkapi dengan alat tutup berdaya tahan baik. Berbeda dengan penutup dari kemasan paper bowl yang umumnya menggunakan plastik tipis.

Baca juga : Pahami 7 Arti Simbol Segitiga pada Kemasan Botol Plastik!

Mana yang Lebih Unggul dari Kedua Kemasan Tersebut

kemasan thinwall

Sumber : www.shutterstock.com

Kesimpulan untuk jawaban mana yang lebih unggul dari kedua kemasan tersebut, baik paper bowl dan thinwall sama-sama dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan . Keduanya juga mempunyai keunggulan masing-masing dalam hal sebagai pengemas makanan. Untuk mengemas makanan yang bersifat padat dan kering, misalnya mie, nasi, ayam goreng, pangsit goreng, batagor, dan sebagainya kamu dapat menggunakan paper bowl.

Sedangkan sebagai kemasan makanan yang berkuah seperti contohnya bubur, salad, dan sebagainya kamu dapat menggunakan kemasan thinwall sebagai solusi terbaik. Karena material utama pembuatan yang berasal dari plastik kuat membuat distribusi makanan menjadi mudah dan aman sampai ke tangan konsumen tanpa khawatir terjadi kerusakan atau kebocoran.

Walaupun telah tersedia dalam berbagai ukuran, namun kemasan thinwall maupun paper bowl secara umum tetap digunakan untuk membungkus makanan dalam porsi ukuran yang kecil. Keduanya tetap memiliki kelebihan yang praktis untuk digunakan dalam proses pengemasan, pengiriman, serta penyajian tanpa perlu dipindahkan ke tempat makan yang lain.

Jika dilihat dari segi visual atau tampilan, paper bowl lebih unggul dibandingkan dengan thinwall yang hanya bisa didesain dengan penempelan stiker secara sederhana. Tetapi dari segi harga, memang thinwall yang cenderung lebih ekonomis dibanding dengan kemasan paper bowl. Berbeda halnya dengan segi keamanan dan kesehatan untuk lingkungan, dimana paper bowl menjadi opsi karena termasuk ke dalam kemasan yang ramah terhadap lingkungan bila dibandingkan dengan thinwall.

Setelah mengetahui informasi mengenai kemasan mana yang paling unggul dari kedua pilihan kemasan paper bowl atau thinwall dalam ulasan artikel di atas. Kamu juga dapat mengetahui info unik dan menarik lainnya yang masih terkait dengan kemasan dengan cara mengunjungi website pusatkemasan.id secara berkala! Semoga informasi yang diberikan dapat memberi manfaat bagi kamu semua ya!

Apabila kamu membutuhkan plastik kemasan makanan seperti thinwall ataupun kemasan paper bowl yang berkualitas, silahkan hubungi kontak kami yang telah tercantum pada laman web pusatkemasan.id! Pastikan untuk benar dalam memilih kemasan makanan terbaik agar citra bisnis makanan kamu dapat meningkat!

Bagikan: