Rahasia Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan untuk Mendobrak Penjualan!

snack plastik

Pada saat ini, banyak jenis kemasan plastik snack yang bersifat kekinian tersebar secara luas di pasaran. Semakin ketatnya persaingan bisnis kuliner yang terjadi, membuat para pengusaha memutar otak agar brand-nya mendapat perhatian lebih dari konsumen dengan cara menggunakan kemasan produk yang unik. Yuk, simak bersama-sama jenis dan trik dalam memilih model kemasan makanan ringan untuk meningkatkan penjualan dalam artikel di bawah ini!

Beberapa Jenis Model Kemasan Plastik untuk Makanan Ringan

kemasan makanan ringan

Sumber : img.freepik.com

Di samping fungsi utama yakni melindungi makanan agar tidak terkontaminasi, plastik kemasan snack juga harus mempertimbangkan nilai estetika dari desain kemasan agar dapat dengan mudah menarik calon pembeli. Bahan plastik dipilih karena faktor harga yang terjangkau, bobot kemasan yang ringan, serta bersifat anti-air dan mudah dibentuk. Ada 4 jenis kemasan plastik yang dapat kamu cermati dalam penjelasan berikut!

1. Model Flat Bottom Pouch

Jika dilihat dari segi bentuk, model kemasan plastik ini memiliki kemiripan yang besar dengan jenis kemasan standing pouch. Walaupun sebenarnya, flat bottom pouch mempunyai sisi yang lebih tebal sehingga dapat menggembung dan memiliki kapasitas lebih besar dibanding dengan standing pouch. Dilengkapi dengan zipper sebagai jaminan agar snack tetap renyah dan awet. Kamu dapat menyisipkan logo brand pada sisi kemasan yang transparan supaya produk jualan terkesan lebih premium.

2. Model Side Gusset Pouch

Model kedua adalah side gusset pouch, yang sering dikatakan sebagai plastik bantal untuk membungkus makanan ringan dan memang ketika dilihat secara sekilas maka akan mirip seperti flat bottom pouch. Dalam segi ketebalan plastik, jenis kemasan ini adalah juaranya. Namun, sayangnya untuk kemasan tersebut masih belum dilengkapi dengan ziplock. Sebagai fungsi proteksi, kemasan ini memanfaatkan penjepit tin tie. Bagian isi produk yang ada di dalam kemasan tetap dapat terlindungi karena sisi kemasan bersifat tidak transparan.

3. Model Standing Pouch

Sebagai salah satu opsi kemasan yang banyak digunakan dalam usaha bisnis kuliner makanan ringan, kemasan ini hadir dengan berbagai jenis warna serta ukuran yang tentunya juga dapat disesuaikan secara khusus untuk produk snack yang kamu jual. Jenis standing pouch dapat mempermudah hidupmu karena posisi snack tetap dalam keadaan vertikal. Disertai dengan adanya dukungan ziplock pada bagian atas kemasan yang secara otomatis mampu membuat kemasan menjadi kedap terhadap udara sehingga makanan lebih awet dan tidak melempem.

4. Model Kemasan Sachet

Untuk kelebihan model kemasan sachet dapat ditinjau dari segi harga yang jauh lebih ekonomis dan terjangkau, yang menjadi penyebab daya beli konsumen terhadap produk makanan juga akan ikut naik. Meski begitu, secara umum ukuran dari snack yang dijual akan menjadi lebih kecil apabila dibandingkan dengan makanan ringan yang dibungkus dalam jenis kemasan plastik lainnya.

Baca juga : Apa Saja Keunggulan dan Manfaat dari Kemasan Paper Bowl?

Trik Memilih Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan

kemasan makanan ringan

Sumber : mckups.com

Berikut adalah beberapa trik khusus yang dapat diterapkan oleh pengusaha dalam memilih jenis plastik kemasan makanan ringan sebagai penunjang bisnis kuliner yang ditekuni, antara lain sebagai berikut :

1. Penentuan Jenis Kemasan

Jenis bahan kemasan yang dipilih mayoritas adalah plastik bening, karena telah mampu melindungi produk snack yang ada di dalamnya selama proses pemasaran berlangsung. Secara praktis, kamu hanya perlu menambahkan stiker maupun sablon sebagai identitas dari merk makanan ringan yang akan dijual. Tetapi, kekurangan dari penggunaan kemasan plastik bening ini yaitu kurang menarik perhatian pembeli sebab dinilai tidak eye catching.

2. Pemilihan Bentuk dari Kemasan yang Digunakan

Setelah memilih jenis bahan kemasan, selanjutnya adalah tahap pemilihan bentuk dari kemasan makanannya. Pastikan kamu mampu untuk menyesuaikan kemasan yang dipilih dengan karakteristik produk jualan berdasarkan kemajuan zaman dan target pasar yang telah ditentukan sebelumnya. Supaya, dapat dengan lebih ampuh dalam membuat pelanggan menjadi jatuh hati terhadap produk makanannya..

3. Penyesuaian Segmen untuk Bahan Kemasan

Faktor penyesuaian segmen untuk bahan kemasan makanan juga sangatlah penting untuk dipertimbangkan dalam bisnis kuliner. Banyak beredar saat ini kemasan kekinian yang menggunakan bahan baru seperti nylon atau metallize dengan kombinasi visual desain kemasan yang dibuat full color sehingga dapat membantu memudahkan untuk bersaing dengan kompetitor dalam skala yang lebih besar.

Demikian informasi penting yang disampaikan dalam artikel di atas terkait dengan rahasia jenis plastik kemasan makanan ringan untuk lebih mendobrak penjualan bisnis kuliner kamu. Jangan lewatkan informasi terkini lainnya yang masih seputar inspirasi kemasan pada website pusat kemasan.id!

Proses pemilihan jenis kemasan makanan ringan yang akan digunakan berperan penting dalam menyajikan tampilan secara visual yang otentik dengan brand produk jualan kamu. Jika kamu mencari packaging makanan kekinian lainnya, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan kami sebagai ahlinya ya!

Bagikan: