Sederet List Bahan Dasar serta Kelebihan dari Kemasan Paper Bag!

kemasan paper bag premium

Dalam pembuatan kemasan paper bag, banyak sekali jenis bahan dasar yang menjadi material bakunya. Mulai dari ragam tingkat ketebalan, tekstur permukaan, ukuran, warna dasar, bahkan sampai dengan harga. Selain itu, penggunaan paper bag juga memiliki manfaat besar bagi lingkungan karena termasuk ke dalam kemasan yang eco-friendly. Yuk, simak pembahasannya dalam artikel berikut ini!

Jenis Bahan Dasar yang Digunakan untuk Paper Bag

paper bag

Sumber : media.istockphoto.com

Mulai dari lapisan kertas yang paling tebal sampai dengan kertas yang memiliki permukaan halus. Semuanya dapat kamu pilih secara bebas sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh produk. Berikut ini beberapa jenis bahan dasar yang digunakan untuk kemasan paper bag, yaitu :

1. Bahan Kertas Kraft

Merupakan jenis kertas yang berbahan dasar aling sering dipakai sebagai bahan dasar produk paper bag. Kertas tersebut mempunyai warna coklat dengan tekstur permukaan yang relatif kasar. Lapisannya cenderung tebal hingga dapat menahan secara leluasa di dalam tas. Warna coklat memberikan kesan vintage tetapi tetap bernuansa modern.

2. Bahan Kertas Ivory

Tingkat ketebalan dari jenis kertas ini memang dapat dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan kertas kraft. Tetapi, tekstur permukaan kertas ivory tetaplah lebih halus. Bobot paper bag biasanya akan menjadi lebih berat dengan warna dasar yang putih solid.

3. Bahan Art Paper Karton

Memiliki tingkat ketebalan yang paling baik di antara jenis bahan kertas lainnya. Sehingga, seringkali dipergunakan sebagai kemasan untuk produk yang membutuhkan perlindungan sangat baik seperti produk elektronik.

4. Bahan Art Paper

Bahan art paper mempunyai ketebalan yang dapat dikatakan relatif tipis jika dibandingkan dengan kertas lain seperti ivory. Tetapi, bahan tersebut memiliki kualitas yang baik apabila didasarkan pada segi keawetan kertas. Permukaan kertas memiliki warna dasar puti solid yang dapat memudahkan kamu ketika melakukan penyesuaian dengan produk.

Baca juga : Simak Bahan dan Jenis yang Digunakan dalam Plastik Kemasan Pembungkus Roti!

Kebihan Menggunakan Paper Bag

kemasan paper bag

Sumber : img.freepik.com

Sebenarnya ada banyak sekali keuntungan dari penggunaan kemasan paper bag karena bersifat ramah terhadap lingkungan. Nah, berikut ini beberapa kelebihannya yang dapat kamu simak dalam rincian di bawah ini!

1. Kemasan yang Eco-friendly

Merupakan kemasan yang ramah lingkunga karena dapat dilakukan proses daur ulang. Di samping itu, untuk membuat kemasan paper bag sebagai kantong yang terbuat dari kertas juga tidak memerlukan banyak energi besar. Bahan baku pembuatan kemasan tersebut sudah tersedia secara lokal sehingga dapat menghemat biaya produksi serta transportasi yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan.

2. Dapat Dilakukan Proses Daur Ulang

Kemasan ini dapat dimanfaatkan kembali, karena kantong kertas umumnya dapat didaur ulang 100% secara aman. Tentu saja berbeda halnya dengan kemasan plastik yang dapat memicu zat beracun ketika dilakukan proses daur ulang yang dilepaskan secara bebas di atmosfer bumi sehingga menimbulkan pencemaran udara.

3. Mampu Menciptakan Suatu Identitas Brand

Bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi kemasan ini dapat membangun suatu merek agar memiliki identitas brand yang kuat. Sebagai contoh, saat ini banyak perusahaan yang menjadikan paper bag sebagai kemasan produk supaya merek produk jualan dikenal oleh konsumen dalam kacamata positif yang mencintai lingkungan. Tersedia dalam desain dan warna yang unik dan menarik dengan menjunjung tinggi nilai kepraktisan sekaligus sebab dapat dibawa dan disimpan di manapun tanpa memakan banyak tempat.

4. Dapat Diuraikan secara Alami

Terakhir adalah dapat diuraikan secara hayati oleh alam karena notabennya kemasan kertas tidak akan bertahan lama berada di permukaan bumi. Sebab akan terjadi proses degradasi yang dilakukan oleh mikroorganisme yang membuat paper bag menjadi hancur dengan sendirinya. Biasanya limbah kantong kertas hanya memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk dapat terurai secara sempurna. Hal tersebut tentu saja sangat berbeda dengan limbah plastik yang sulit diuraikan oleh alam.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan serta bahan dasar yang digunakan untuk memperoduksi kemasan paper bag. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat yang besar kepada kamu sebagai pembaca sekaligus pelaku bisnis! Terima kasih dan jangan sampai lewatkan info menarik lainnya seputar kemasan dengan mengunjungi laman web pusatkemasan.id!

Jika kamu mencari inspirasi kemasan yang lain, kamu dapat langsung membuka katalog produk yang dicari atau menghubungi kontak yang telah tersedia pada website pusatkemasan.id untuk sekedar berkonsultasi! Yuk, percayakan masalah jenis packaging produk bisnis kamu kepada kami!

Bagikan: