Simak Bahan dan Jenis yang Digunakan dalam Plastik Kemasan Pembungkus Roti!

plastik roti

Selain berperan sangat penting dalam melindungi produk roti dari partikel debu dan kotoran, plastik kemasan juga berfungsi untuk mempercantik tampilan roti yang dijual di pasaran. Ditambah lagi dengan tujuan lain agar dapat mempermudah untuk dilakukan penyimpanan dan dibawa kemana-mana dengan baik. Ayo, ketahui lebih jelasnya mengenai bahan dan jenis plastik yang digunakan sebagai packaging roti dalam ulasan berikut ya!

Bahan yang Digunakan untuk Plastik Roti

kemasan plastik roti

Sumber : d3rctclhuobtt7.cloudfront.net

Pemilihan bahan kemasan yang digunakan untuk plastik roti tentu saja haruslah aman digunakan untuk produk makanan serta tidak mempengaruhi kualitas rotinya, baik itu dari segi rasa,warna, dan baunya. Berikut ini merupakan contoh bahan yang direkomendasikan untuk pembuatan plastik roti, yaitu :

1. PP (Polypropylene)

Jenis plastik ini memang sudah seringkali digunakan sebagai pembungkus makanan seperti roti, snack, dan masih banyak lagi. Ciri khas atau karakteristik dari plastik PP adalah bening tetapi tidak lebih bening daripada OPP.

2. OPP (Oriented Polystyrene)

Memiliki tekstur permukaan yang halus serta berwarna bening. Apabila diperhatikan secara sekilas memang terlihat hampir mirip dengan kaca karena kualitas plastik tersebut bagus. Biasanya perusahaan akan menggunakan plastik OPP sebagai kemasan roti dengan desain sablon satu warna untuk mempercantik tampilan produk roti yang dijual.

3. HDPE (High Density Polyethylene)

Plastik HDPE seringkali ditemukan pada kantong shopping bag atau kantong plastik warna-warni yang digunakan untuk membawa banyak produk makanan. Sehingga, jenis bahan ini juga sangat cocok jika digunakan sebagai kemasan roti.

4. Plastik Vakum

Merupakan jenis plastik yang digunakan untuk membungkus roti supaya lebih tahan lama masa simpannya, karena tidak ada udara di dalam plastik vakum tersebut. Biasanya plastik ini digunakan untuk makanan lain juga seperti daging dan ikan.

5. PE (Polyethylene)

Mempunyai tingkat kelenturan atau elastisitas yang tinggi dan sangat baik digunakan dalam hal menahan udara, sehingga cocok digunakan sebagai plastik kemasan roti yang mampu mencegah bakteri masuk.

Baca juga : Mengenal Secara Singkat Kemasan Populer Spout Pouch!

Beberapa Jenis Kemasan Plastik Roti

pembungkus roti

Sumber : www.bakemag.com

Setelah mengetahui beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan plastik pembungkus roti, saatnya kamu mencermati jenis kemasan dari plastik rotinya  yang dijabarkan dalam ulasan berikut.

1. Plastik OPP Seal

Memiliki kelebihan yang menonjol yaitu berwarna bening dan bersifat awet. Plastik ini mampu mencegah masuknya kotoran ke dalam produk roti dan sangatlah direkomendasikan karena dapat membuat roti lebih tampak higienis atau bersih serta memudahkan konsumen untuk mengecek kondisi roti yang berada di dalam kemasan secara langsung karena plastiknya yang transparan.

2. Plastik V

Plastik tersebut memiliki bentuk seperti huruf V sesuai dengan namanya, serta dapat menimbulkan tampilan unik karena dapat diletakkan secara vertikal atau dalam posisi berdiri. Desain kemasan pada plastik V dilakukan dengan teknik cetak atau printing agar memberikan kesan lebih menarik bagi konsumen.

3. Plastik Vakum

Menjadi plastik khusus yang memiliki konsep untuk menghilangkan udara yang ada di dalamnya atau disebut juga dengan kedap udara. Plastik ini sangat cocok digunakan untuk roti, sayur, ataupun daging yang memerlukan penyimpanan dalam jangka waktu yang lama supaya tetap terjaga kelembabannya.

4. Plastik OPP Duduk

Plastik seperti ini banyak digunakan untuk membungkus kemasan roll egg, onde-onde, dan sebagainya, dengan fitur lipatan pada bagian bawah sehingga dapat diletakkan pada posisi berdiri secara mudah.

5. Plastik OPP Tanpa Seal

Tanpa memiliki lem khusus dan biasanya disebut juga dengan sebutan plastik OPP kantong yang banyak digunakan untuk plastik kemasan produk makanan roti tawar, dengan penutup yang berasal dari jenis bahan kawat tertentu.

Itulah informasi penting yang dapat kami sampaikan terkait dengan bahan dan jenis yang digunakan dalam kemasan pembungkus roti. Informasi menarik lainnya dapat juga kamu dapatkan dengan cara mengakses laman website pusatkemasan.id! Jangan sampai ketinggalan ya!

Selain itu, kamu juga dapat menghubungi kontak kami yang telah tersedia di web tersebut untuk sekedar berkonsultasi tentang pemilihan kemasan makanan unik sampai dengan bungkusan makanan plastik sebagai sarana penunjang bisnis kamu! Yuk, tingkatkan kualitas bisnis kamu dengan memilih kemasan yang tepat hanya di pusatkemasan.id!

Bagikan: