Simak Beragam Kelebihan dari Jenis Kemasan Plastik Mika untuk Produk Makanan!

plastik mika kue

Mika merupakan jenis plastik yang berbahan tebal dan transparan. Banyak dimanfaatkan sebagai produk kemasan yang dicetak dengan teknik sablon maupun print supaya memberikan kesan tampilan yang menarik. Pemanfaatan mika ini dinilai sangat efektif untuk menunjang produk agar terlihat lebih mewah dan elegan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beragam kelebihan dan jenis kemasan plastik mika untuk produk yang berupa makanan.

Sejumlah Kelebihan dari Penggunaan Packing Plastik Mika

tote bag mika

Sumber : lzd-img-global.slatic.net

Dalam hal penggunaannya, plastik mika memang sangat direkomendasikan sebagai kemasan makanan yang hanya sekali pakai. Karena jika dipakai secara berulang dan terus menerus dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Tetapi, sebenarnya mika juga memiliki sederet kelebihan yang perlu kamu ketahui sebagai berikut.

1. Lebih Aman

Kecenderungan memiliki sifat yang kaku dan tebal membuat plastik mika memang lebih efektif dalam menjaga produk supaya tidak mengalami perubahan terhadap bentuk atau bahkan rusak. Mika berasal dari plastik PVC yang sangat aman digunakan sebagai kemasan supaya tetap dalam kondisi utuh dan tahan lama terutama ketika melalui proses pengiriman yang jauh.

2. Lebih Kokoh

Material utama mika yang terbuat dari plastik PVC mempunyai karakter yang kokoh serta tahan lama. Ditambah lagi dengan keunggulan lain yang dilihat dari segi bobot kemasan mika yang ringan dan tidak mempengaruhi berat dari produk yang dikemas.

3. Bersifat Kekinian

Kemasan mika saat ini hadir dalam bentuk aneka ragam, tidak hanya sekedar berbentuk bulat maupun kotak. Telah hadir dalam bentuk tote bag, pouch, bahkan juga untuk hampers. Keunggulan inilah yang membuat kemasan mika lebih kekinian dan berhasil tampil dengan elegan nan mewah. Sehingga, banyak pengusaha bisnis yang kemudian beralih untuk memanfaatkan plastik mika sebagai packing untuk memperindah dan mempercantik produk jualannya agar lebih menarik serta meningkatkan daya jual produk tersebut.

4. Sebagai Sarana Branding

Sebagai sarana branding yang merupakan bagian dari strategi pemasaran suatu produk sebab tampilan packing mika yang terlihat cenderung mewah dan berkelas sehingga mampu menjadi pembeda untuk produk sejenis yang lainnya.

5. Membantu Memudahkan Proses Pemasaran

Teknik printing ataupun sablon yang dilakukan pada kemasan plastik mika memiliki tujuan untuk menambahkan detail informasi penting seperti merek dagang produk yang mampu menjadi sarana promosi yang efektif. Selain itu juga dapat menarik daya beli konsumen karena tampilan produk yang dapat mengundang rasa penasaran si pembeli untuk dapat mengetahui isi yang ada di dalam kemasan mika tersebut.

6. Merupakan Bahan Daur Ulang

Meski sifat mika yang sulit untuk diuraikan oleh mikroorganisme tanah tetapi masih dapat dipergunakan dengan proses daur ulang untuk dijadikan sebagai aksesoris atau bahan kerajinan lainnya yang memiliki nilai jual tinggi.

Baca juga : Kenalan Lebih Dekat dengan Papel Wrap, Alternatif Bubble Wrap!

Jenis Kemasan Plastik Mika

kemasan plastik mika

Sumber : media.istockphoto.com

Berikut ini beberapa jenis plastik mika yang baik digunakan sebagai kemasan produk, meliputi :

1. Plastik Mika Berwarna

Jenis plastik mika yang berwarna seringkali digunakan untuk kebutuhan produk kerajinan maupun kemasan makanan seperti kue bolu, sayur siap saji, dan masih banyak lagi. Tersedia dalam banyak ragam warna dengan tingkat ketebalan yang cenderung tidak terlalu tebal supaya dapat lebih mudah dibentuk sesuai dengan dimensi bentuk rupa produknya.

2. Plastik Mika Bening

Plastik mika bening tersedian dalam bentuk kotak, persegi panjang, dan bulat dengan tekstur yang halus dan terdiri dari dua jenis ketebalan. Kerap kali digunakan untuk membungkus makanan ringan dalam jumlah banyak maupun hanya satuan. Selain itu, dengan tingkat ketebalan yang relatif tipis dan bersifat transparan atau tidak memiliki warna membuat kemasan ini lebih cocok digunakan sebagai kemasan produk makanan sehingga isi di dalamnya langsung dapat terlihat dengan jelas.

3. Plastik Mika Tebal

Jenis plastik mika ini pada umumnya memang digunakan sebagai bahan untuk membuat produk hasil kerajinan dalam skala kecil maupun besar seperti industri. Bahkan untuk beberapa perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, plastik mika tersebut dimanfaatkan sebagai media dalam membuat produk hampers dan kartu nama.

Begitulah informasi singkat yang dapat kami sampaikan terkait dengan kelebihan dan jenis kemasan plastik mika untuk produk makanan. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kamu ya! Nah, untuk mendapatkan informasi lainnya yang berhubungan dengan kemasan, silahkan kunjungi  website kami yaitu pusatkemasan.id!

Apabila kamu sedang mencari jenis kemasan plastik lainnya, langsung saja kunjungi katalog produk yang terdapat pada situs kami! Mulai dari kemasan paper bowl bahkan hingga kemasan snack murah tersedia secara lengkap dengan harga yang terjangkau. Temukan jenis packaging yang cocok dengan produk kamu hanya di pusatkemasan.id!

Bagikan: